You need to enable javaScript to run this app.

PILKETOS SEBAGAI LATIHAN DEMOKRASI NYATA

  • Selasa, 06 Desember 2022
  • Yusiyanti, S.Pd.
  • 0 komentar
PILKETOS SEBAGAI LATIHAN DEMOKRASI NYATA

Pemilihan Ketua OSIS ( Pilketos) merupakan program Standar Kelulusan ( SKL) sebagai wujud siswa berlatih demokrasi. Selasa, 6 Desember 2022. Para siswa SMP Negeri 2 Banjarnegara telah mengikuti kegiatan Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 2 Banjarnegara, bertempat di Indoor Graha Adiwiyata.

Sebelum pemilihan ini dilaksanakan, bakal calon telah melakukan kampanye satu minggu yang lalu secara terbuka, agar seluruh siswa mengetahui visi dan misi setiap bakal calon ketua OSIS, tidak hanya siswa sebagai pemilihnya namun guru untuk menyumbangkan suaranya pada pilketos tahun ini.

“Tujuan diadakannya Pemilihan Ketua OSIS SMPN 2 Banjarnegara masa bakti 2022/2023 yaitu untuk regenerasi atau mengganti kepengurusan OSIS yang lama. Beliau menambahkan bahwa Pemilihan Ketua OSIS SMPN 2 Banjarnegara juga bertujuan untuk mengajak siswa untuk berdemokrasi”, tegas Jaswadi, S.Pd selaku pembina OSIS SMP Negeri 2 Banjarnegara.

Menurut Kristiana Wiji Rahayu, S.Pd bahwa tujuan diadakannya Pemilihan Ketua OSIS SMPN 2 Banjarnegara, yaitu untuk melatih kehidupan demokrasi di sekolah. Para siswa berlatih untuk memberikan pendapat, memberikan suara, menghargai pendapat teman, serta menghargai keputusan bersama. Menurut beliau, pelaksanaan pilketos ini pecerminan demokrasi nya sangat terasa. Mulai dari seleksi pengurus sampai perencanaan program kerja Calon Kandidat Ketua OSIS. Itu artinya para siswa sudah berlatih untuk menyatakan pendapat mereka. Pelaksanaan pilketos tersebut juga sangat melatih jiwa kepemimpinan.

Sebagai Ketua OSIS masa bakti tahun 2021/2022, Caya Aisha Ahnaf mengatakan bahwa bagi siapa saja yang terpilih menjadi ketua OSIS yang baru, diharapkan dapat membimbing anggota menjadi lebih baik, serta dapat membuat organisasi sekolah ini menjadi lebih baik dibanding angkatan sebelumnya.

Ada pun visi dan misi yang disampaikan oleh para kandidat Ketua OSIS, Vanessa Salma Ningtyas menyampaikan bahwa ada harapan untuk mewujudkan OSIS agar lebih baik dan menjadi lebih inovatif sehingga mewujudkan siswa-siswi yang mengerti luhur dan berkarakter dan menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi dari para siswa.

Faeza Fakhri Maulana Zakaria berpendapat bahwa ia ingin menjadikan organisasi OSIS sebagai organisasi yang tepat dan tanggap dalam melaksanakan melaksanakan program atau perintah dari pihak sekolah.

Lain halnya dengan Aprilia Calista. Menurut dia, jika terpilih menjadi Ketua OSIS maka berharap menjadikan organisasi OSIS sebagai organisasi kreatif dan berkualitas sehingga dapat mengembangkan prestasi siswa. Selain itu, Aprilia juga menambahkan bahwa harapannya bisa menjadikan organisasi ini sebagai organisasi yang lebih baik dapat menjadikan Esphero ini menjadi sekolah yang lebih lebih maju lagi.

Kandidat lainnya yakni, Muhammad Rafi Sampurno. Dia mengatakan bahwa harapannya nanti akan terselenggara kegiatan yang positif meningkatkan kualitas dan fasilitas yang ada di sekolah dan menjadikan siswa Esphero untuk lebih disiplin.

Pilketos masa bakti 2022/ 2023 meruapakan bagian dari latihan demokrasi yang nyata di lingkup kecil yaitu sekolah, sehingga bagi seluruh siswa dapat mengambil sisi kebermaknaannya dalam kehidupan yang akan datang dalam bermasyarakat sebagai pemilih yang baik menggunakan hak suaranya. 

 

 

Tim Jurnalistik Esphero.

 

Esphero Ever Onward, Esphero Siap, Esphero Sekolah Konservasi, Esphero Yess!

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Joko Catur Subiyanto, S.Pd.,M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum warahmatullohi wabarrokatuh, Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat memublikasikan website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

apakah info di web membantu anda??

Hasil