You need to enable javaScript to run this app.

IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM P5 DI ESPHERO

  • Kamis, 04 Mei 2023
  • Yusiyanti, S.Pd.
  • 0 komentar
IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM P5 DI ESPHERO

Zaman telah berkembang menjadi pesat, bagaimana tidak ketika kita jalan- jalan sekadar menghabiskan waktu, atau mungkin pagi saat berangkat sekolah banyak orang berjualan baik itu makanan ringan, sayur matang, bahkan minuman yang  beraneka macam, baik bentuk dan kemasan atau model penjualan melalui langsung atau pre order atau online. Nah, fenomena ini telah akrab dengan kita, jika kita telisik bahwa kewirausahaan telah lekat sekali dengan kita. Bahkan kita telah ikut andil dalam kewirausahaan mereka sebagai konsumen.

Bagi generasi muda perlu ditanamkan tentang kewirausahaan sebab kewirausahaan sebagai ilmu dasar yang penting sebagai masyarakat untuk berkembang dan memiliki kemandirian dalam hidupnya. Arti penting kewirausahaan adalah membuka peluang usaha dengan tujuan seseorang akan lebih mandiri dalam hal ekonomi atau konsep kewirausahaan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Esphero dalam memberi pengetahuan terhadap siswa terkait kewirausahaan mendatangkan narasumber pengusaha- pengusaha di Banjarnegara. Jumat- Sabtu, 28- 29 April 2023 yang bertempat di GOR Slamet Puspowasito SMP Negeri 2 Banjarnegara.

Di Banjarnegara ada beberapa pengusaha- pengusaha yang sukses diawali dengan kewirausahaan kecil, jika mau sukses jangan menghitung keuntungan, namun di jalani dahulu untuk membuka peluang dan usaha.

Diantara pengusaha di Banjarnegara yang sukses yaitu Ibu Sri Rusupiati owner Gerai Jajan Banjarnegara, usaha yang ia tekuni makanan, gerainya menyediakan berbagai jenis jajan dan makanan lainnya yang biasa di buru oleh konsumen sebagai stok hidangan makanan di rumah maupun sebagai buah tangan saat kita hendak pergi ke sanak saudara. Usahanya tidak serta merta besar seperti sekarang ini. Pesannya ke siswa Esphero"jangan menjadi generasi yang tidak jelas tapi jadilah generasi yang lebih semangat dan fokus terhadap mimpi yang diinginkan apapun yang kita inginkan harus mulai kita asah di bidang tersebut contoh jika ingin menjadi wirausaha maka kita dapat memulai bisnis walau masih kecil kecilan.

Ibu Sri Rusupiati, owner Gerai Jajan Banjarnegara

 

Tak berbeda dengan  Ibu Sri Subekti memulai usaha jamu sejak tahun 2020, memiliki brand "Jamu Inyong", diawali menjual hasil olahannya kepada teman- temannya. Ia punya motto "Jagalah Kesehatanmu dengan Minum Jamu". Hingga sekarang usaha produk jamunya meningkat dengan pesat.

Ibu Sri Subekti ( owner Jamu Inyong)

 

Antusiasme siswa Esphero kelas 7 dalam menyimak materi dari keduanya sebagai pengetahuan dan wawasan serta suatu saat menjadi wacana dalam mengembangkan kreativitas serta berionvasi dalam kewirausahaan. Banjarnegara merupakan daerah potensi wirausaha yang bagus dengan sumber daya lokal yang sangat bagus untuk dikembangkan. 

Diawali dari merangkak kemudian dapat berdiri kokoh. Atau ada pepatah " Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit".

 

 

Gambar     : Tim Jurnalistik

Tulisan       : Tim Jurnalistik Esphero

Penyunting : Yusiyanti

 

Esphero Ever Onward, Esphero Sekolah Konservasi, Esphero yes.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Joko Catur Subiyanto, S.Pd.,M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum warahmatullohi wabarrokatuh, Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat memublikasikan website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

apakah info di web membantu anda??

Hasil